Anis Maris & DSI

“Menjadi orang tua untuk seseorang yang terlahir dengan Down Syndrome bukanlah sebuah ujian untuk menjadi sabar, tetapi  sebuah kesempatan untuk menjalani pengasuhan penuh cinta tanpa syarat dan tanpa putus asa” — Anis Maris

 

Anis Maris merupakan ibu dari tiga orang putra dan putri. Putra bungsunya, Rafa Abdullah Baasith, sejak dalam kandungan didiagnosis memiliki kelainan kromosom. Qadarullah, Rafa pun terlahir dengan Down Syndrome (Trisomy 21). Maasya Allah.

 

Berbagai emosi silih barganti dirasakannya. Penyangkalan, kesedihan, ketakutan, keputusasaan, hingga kepasrahan telah dilaluinya dalam proses menerima ketetapan Allah SWT tersebut. Di tengah kekalutan dan kegelapan masa itu, mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Down Syndrome menjadi sebuah ikhtiar untuk ikhlas dan bangkit dari keterpurukan. Alhamdulillah, Allah SWT memberikan kemudahan dalam mencari informasi tentang Down Syndrome, mulai dari buku teks, jurnal, hingga website resmi sejumlah organisasi non-profit yang peduli terhadap Down Syndrome.

 

Mengetahui dan memahami Down Syndrome sebelum kelahiran Rafa berarti memberi waktu baginya untuk menata hati dan mempersiapkan diri dalam menyambut Rafa. Dengan menjadi tahu, maka menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran, mengubah keputusasaan menjadi harapan. Dengan menjadi paham, maka lebih mudah baginya untuk menerima kondisi Rafa apa adanya, mencintai Rafa tanpa syarat, menumbuhkan optimisme dalam mendampingi tumbuh kembang Rafa, serta memberinya kepercayaan akan adanya masa depan dalam kehidupan Rafa, sebagaimana anak-anak lainnya, Insyaa Allah.

 

Seiring berjalannya waktu, ia bertemu dengan sejumlah orang tua ADS yang tidak seberuntung dirinya. Ada sebagian dari mereka yang baru mengetahui bayi mereka terlahir dengan Down Syndrome sesaat setelah kelahiran bayinya, sedangkan sebagian lainnya memiliki kesulitan mengakses informasi tentang Down Syndrome yang kebanyakan masih dalam bahasa Inggris.

 

Mengingat betapa berartinya informasi bagi para orang tua ADS, maka pada April 2018, ia memutuskan untuk membuat dsindonesia.org (DSI). DSI merupakan website yang didedikasikan untuk seluruh orang tua terkhusus yang memiliki ADS dalam mencari informasi tentang Down Syndrome. Semoga DSI mampu bermanfaat bagi para orang tua ADS dalam banyak cara. Mengubah ketidaktahuan menjadi tahu, sehingga mereka dapat menjalani pengasuhan ADS dengan penuh kebahagian. Aamiin.