Selamat Datang

Selamat datang di Down Syndrome Indonesia (DSI)

Halo ayah/ibu,

Saya ucapkan selamat atas kelahiran ananda. Semoga ananda tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, ceria, dan mandiri. Iya, memiliki seorang bayi merupakan salah satu pengalaman yang sangat membahagiakan, tetapi ketika kita mengetahui bayi kita memiliki Down Syndrome, kebahagiaan tersebut seakan-akan dapat menjadi sirna dan seketika berganti dengan kesedihan, ketakutan, kemarahan, kepanikan, bahkan perasaan bersalah. Hal tersebut wajar terjadi, hampir seluruh orang tua yang mengetahui anak mereka terlahir dengan Down Syndrome akan merasakan hal yang serupa. Kita merasa tidak siap dan sulit menerima kenyataan tersebut.

 

Namun demikian, kita tidak bisa untuk terus menerus larut dalam keterpurukan tersebut. Kehidupan harus terus berjalan. Menerima kenyataan bahwa anak kita memiliki Down Syndrome adalah satu fase yang sangat penting dalam proses pengasuhan seumur hidup mereka. Bagaimana mungkin kita dapat menjalani peran kita sebagai orang tua dengan baik apabila kita belum mampu menerima anak-anak kita apa adanya.

 

Saat ini memang masih banyak miskonsepsi di masyarakat mengenai Down Syndrome, seperti Down Syndrome adalah penyakit atau seseorang yang memiliki Down Syndrome maka ia adalah orang yang bodoh, memiliki keterbelakangan, berumur pendek, hingga tidak memiliki masa depan. Sesungguhnya itu semua tidak benar. Oleh karena itu, sisihkanlah waktu sejenak untuk menyelami artikel-artikel dalam website ini. Ketahuilah secara persis apa itu Down Syndrome, maka kita akan memahami kondisi ADS kita. Bangkit dan mendampingilah tumbuh kembang mereka dengan rasa bahagia dan penuh cinta.

 

Jangan terlalu lama bersedih ya ayah/ibu. Terimalah anak-anak kita dengan keikhlasan dan rajutlah optimisme mengenai mereka mulai dari sekarang. Memang ada begitu banyak informasi yang perlu dicerna, tetapi ingatlah mereka membutuhkan kehadiran kita segera. Tidak ada seorang pun yang dapat memastikan seberapa banyak kemampuan yang dapat anak-anak kita capai kelak, tetapi yang saya tahu ada ribuan anak Down Syndrome di Indonesia yang mampu bertahan, menjalani kehidupan dengan baik dan membuat prestasi.

 

Ketika ayah/ibu sudah siap, bergabunglah dengan grup orang tua anak dengan Down Syndrome di lingkungan ayah/ibu. Terdapat ribuan orang tua yang memiliki cerita serupa yang siap menyambut ayah/ibu dengan tangan terbuka. Di Indonesia, kita memiliki Persatuan Orangtua Anak dengan Down Syndrome (POTADS). Berbagilah dan bergabunglah, mereka dapat memberikan informasi dan dukungan yang ayah/ibu butuhkan. Hal ini akan menjadi langkah awal yang sangat baik bagi ayah/ibu dan keluarga.

 

Salam

Anis Maris
Founder Down Syndrome Indonesia